Fungsi Iklan Dalam Bisnis

0
85

Pada dasarnya, ada berbagai macam komponen yang harus dipenuhi dalam suatu usaha bisnis. Jika semua komponen tersebut terpenuhi maka akan membuat bisnis menjadi lancar dan sukses. Salah satu hal yang penting dalam dunia bisnis adalah iklan. Pada kesempatan kali ini, artikel ini akan mengajak para pembaca untuk membahas lebih dalam mengenai periklanan dan berbagai macam fungsi dari iklan, dan bentuk – bentuk iklan.

  1. Pengertian iklan

Periklanan adalah hal yang sangat familiar di telinga masyarakat. Terlebih lagi pada era modern seperti sekarang ini dimana kita semua bisa melihat berbagai macam jenis iklan pada berbagai macam media periklanan. Selain itu, perusahaan periklanan ini berkembang pesat dengan amino kebutuhan masyarakat pada saat ini. Sudah banyak perusahaan atau perorangan yang menjalankan bisnis menggunakan media periklanan sebagai salah satu saran untuk promosi. Dengan begitu, produk mereka akan lebih banyak dikenal oleh masyarakat. Sehingga bisa disimpulkan bahwa iklan memegang peranan penting dalam dunia bisnis.

  1. Bentuk – bentuk iklan

Jika anda tertarik untuk menggunakan jasa periklanan, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu berbagai macam bentuk – bentuk iklan yang bisa anda gunakan sebagai sarana pengiklanan. Ada beberapa jenis iklan yang bisa anda gunakan yaitu sebagai berikut ini :

  • Comercial break

Jenis iklan ini biasanya menggunakan media televisi. Selain itu, iklan ini biasanya muncul pada sela – sela tayangan program televisi.

  •  Billboard

billboard adalah sebuah papan yang biasanya sering kita jumpai di jalanan. Iklan ini berupa tulisan yang dipamerkan pada sebuah papan billboard besar di sepanjang jalan. Hal ini bertujuan agar setiap orang lewat di jalan bisa membaca iklan. Biasanya perusahaan – perusahaan besar atau instansi menggunakan jenis iklan ini.

  •  Iklan Baris

Iklan baris adalah sebuah iklan yang sering kita baca di koran. Disebut iklan baris karena bentuk dari iklan ini sengaja ditulis dengan kata – kata yang singkat. Jasa atau bisnis besar maupun kecil juga menggunakan jasa pengiklanan ini. Jika anda ingin memasang iklan baris, maka anda tinggal mengunjungi kantor redaksi pembuatan koran di kota Anda. Harga dari iklan ini dihitung setiap barisnya.

  •  Media sosial ( online )

Saat seperti era modern saat ini, banyak orang yang menggunakan media online sebagai salah satu cara yang paling efektif dalam periklanan. Iklan ini biasanya akan disisipkan pada suatu tayangan youtube atau website tertentu. Contoh dari iklan menggunakan media sosial ini adalah melalui instagram, facebook, twitter, dan sebagainya.

  1. Keputusan dalam penyusunan periklanan dalam bisnis

Hal yang mendasar pada periklanan adalah membuat iklan sebanyak – banyaknya agar timbul kesadaran para pelanggan secara optimal terhadap suatu produk di mana dalam jangka waktu yang panjang akan bisa memperbesar kemungkinan akan memilih produk anda.

Pada saat menyusun sebuah iklan, manajemen pemasaran sangat perlu diperhatikan secara detail. Manajemen pemasaran ini akan digunakan untuk melakukan sebuah proses identifikasi pada sebuah target pemasaran dari suatu motif pembelian pada konsumen sebelum merencanakan sebuah pengiklanan untuk mempengaruhi konsumen.

Ada lima hal yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan dalam merencanakan sebuah pengiklanan, yaitu sebagai berikut ini :

  1. Mission ( misi )

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan misis dari periklanan yang akan anda rencanakan. Dalam misi ini, anda harus mencantumkan sebenarnya apa tujuan periklan bisnis yang akan anda lakukan? Misalnya saja tujuan pengiklanan untuk mengenalkan suatu produk, maka anda harus benar – benar memposisikan iklan anda agar bisa mencapai tujuan yang tepat yaitu banyak masyarakat mengetahui dan tertarik mengenai produk anda.

2. Money ( uang )

Ketika  anda ingin menggunakan jasa periklanan, hal yang sangat penting yang harus anda persiapkan adalah penganggaran uang yang digunakan untuk periklanan tersebut.

3. Message ( pesan )

Yang dimaksud dengan pesan di sini adalah dimana iklan anda harus dibuat dengan sedemikian rupa sehingga pesan yang diusung di dalam iklan bisa tersampaikan di masyarakat.

4. Media

Setelah itu, anda juga harus menentukan jenis media apa yang akan anda gunakan dalam periklanan. Anda bisa memilih berbagai macam jenis iklan yang sudah disebutkan di atas, dan pilihlah sesuai yang cocok dengan perusahaan atau bisnis anda.

5. Pengukuran ( measurement )

Hal ini tentang bagaimana metode evaluasi hasil yang digunakan. Evaluasi ini sangat penting karena akan mempengaruhi hasil dari sebuah pengiklanan dan juga dijadikan sebagai tolak ukur supaya pengiklanan lebih baik .

  1. Tujuan pengiklanan

Pada dasarnya, iklan mempunyai sebuah tujuan yaitu untuk memperkenalkan dna menunjukan suatu produk dalam sebuah usaha bisnis kepada konsumen agar konsumen menjadi terdorong untuk melakukan sebuah tindakan pembelian yang mana sangat diharapkan oleh pihak pengiklan. Berikut ini adalah beberapa tujuan pengiklanan dalam bisnis, yaitu :

  • Iklan akan memberikan kesadaran bagi para konsumen atau penerima pesan dan juga bertujuan untuk menyampaikan beberapa informasi terkait dengan suatu produk pada usaha bisnis /  perusahaan.
  • Iklan akan bisa mengembangkan dalam benak penerima pesan ( konsumen) akan rasa suka dan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan melalui persepsi yang disampaikan dalam iklan.
  • Iklan dapat meyakinkan penerimanya mengenai suatu kebenaran segala macam yang disarankan pada sebuah konten iklan dan akan mengajak supaya konsumen membeli produk tersebut.
  1. Fungsi pemasangan iklan pada bisnis

Selain mempunyai beberapa tujuan, pengiklan juga  mempunyai beberapa fungsi dalam perjalanan usaha bisnis, yaitu :

  • Informing → Iklan berfungsi sebagai sarana untuk penyampaian informasi mengenai sebuah produk / brand dalam sebuah usaha bisnis
  • Persuading → Fungsi selanjutnya adalah iklan digunakan untuk sarana membujuk masyarakat untuk membeli produk anda
  • Reminding → Iklan mempunyai fungsi untuk memelihara ingatan konsumen akan suatu produk pada suatu usaha bisnis. Melalui fungsi ini akan bisa mengingatkan keinginan pelanggan untuk membeli suatu produk
  • Adding value → iklan mempunyai fungsi sebagai pemberi nilai tambah terhadap suatu produk di masyarakat. Dengan menggunakan iklan, promosi produk anda akan semakin menarik dan diingat oleh masyarakat.
  • assisting → sebuah periklanan mempunyai fungsi dan peranan sebagai pendamping untuk menjembatani berbagai macam bisnis atau usaha pada sebuah aktivitas komunikasi dalam pemasaran. Misalnya saja., sebuah iklan digunakan sebagai media komunikasi pada peluncuran sebuah produk pemasaran seperti kupon / undian. Di sini, iklan mempunyai peranan yang sangat besar sebagai representasi suatu perusahaan. bagi konsumen sendiri, iklan ini mempunyai beberapa fungsi sebagai berikut :
  1. media penyedia informasi terhadap suatu usaha bisnis.
  2. sebagai alat komunikasi yang bersifat persuasif.
  3. pengingat bagi konsumen terhadap suatu produk.
  4. penunjuk keunggulan terhadap suatu produk.
  5. memberikan pesan edukatif.
  6. menumbuhkan kesadaran konsumen terhadap suatu kelompok usaha bisnis.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here